JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG
Typography
SEMARAPURA - fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Klungkung terus 'mengebut' persiapan pencairan hibah untuk industri pariwisata (hotel dan restauran). Senin (26/10/2020), bagian Perekonomian dan Pembangunan beserta Inspektorat Klungkung menggelar rapat untuk membahas persiapan kelengkapan administrasi.




Tercatat sudah ada 400 hotel dan restauran yang akan diverifikasi. Proses verifikasi tersebut ditarget tuntas pada Bulan November mendatang.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Klungkung, I Made Seger menyampaikan, dari 490 hotel dan restauran yang ada di Kabupaten Klungkung, sekitar 400 diantaranya sudah masuk usulan sebagai calon penerima bantuan hibah pariwisata. Namun, bukan berarti 400 hotel dan restauran tersebut langsung lolos. Sebelumnya, Inspektorat akan melakukan verifikasi terlebih dahulu.

"Nanti kita akan terjun lakukan verifikasi. Apakah hotel dan restauran tersebut sudah memiliki izin. Sudah rutin membayar pajak, dan juga apakah masih beroperasi sampai saat ini," ungkapnya. Untuk memperoleh data tersebut Inspektorat akan meminta data valid dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dan juga
Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan (BPKPD) Kabupaten Klungkung.

Nah, untuk hotel dan restauran yang hingga saat ini masih idak beroperasi, Made Seger mengatakan pihaknya tetap akan memproses atau memverifikasinya. Dengan syarat tambahan, harus ada jaminan dari kepala desa setempat bahwa hotel atau restauran tersebut memang masih beroperasi minimal hingga Bulan Agustus. "Untuk hotel atau restauran yang ditutup sementara, nanti kita cek ke bawah. Kalau mereka sampaikan masih beroperasi, pastikan ada kesiapan dari pemilik hotel. Ada jaminan dari Kades bawah mereka benar-benar masih beroperasi sampai Agustus," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan proses verifikasi ini ditarget tuntas pada Bulan November mendatang. Mengingat laporan untuk usulan ke pusat harus segera disetorkan. Artinya, semakin cepat verifikasi tuntas dan laporan disetorkan, maka bantuan hibah pariwisata senilai Rp7,9 Miliar untuk Kabupaten Klungkung juga segera dapat dicairkan. "Setor data fix ke pusat harus secepatnya. Siapa yang cepat kumpul maka data segera diberikan," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Klungkung, Luh Ketut Ari Citrawati menyampaikan, Kabupaten Klungkung menerima hibah pariwisata sejumlah Rp9,7 Miliar dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Nanti, 70 persen dari dana tersebut akan disalurkan kepada pelaku industri pariwisata seperti hotel dan restaurant. Sedangkan 30 persen sisanya disalurkan untuk pemerintah daerah. Yang mana dana tersebut dapat difokuskan untuk upaya pemulihan ekonomi nasional. (dia).