JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Ditenggarai ratusan warga di Karangasem masih tercecer belum masuk sebagai pemilih. KPU Karangasem sendiri masih menunggu rekomendasi Bawaslu Karangasem untuk memasukan warga tersebut kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai 17 Maret mendatang.

Bahkan, salah seorang peserta pemilu menemukan, satu keluarga di wilayah Kubu belum satupun yang masuk sebagai pemilih. I Made Arnawa, Kamis (14/3/2019), yang mendatangi KPU Karangasem menyebutkan, pihaknya menemukan sekitar 12 orang warga yang tidak masuk sebagai pemilih.

Temuan itu pun, kata Arnawa disampaikan ke KPU sebagai penyelenggara pemilu, dengan harapan warga tersebut bisa dimasukan sebagai pemilih pada 17 April nanti.

"Untuk menyukseskan pemilu kan mesti di lakukan oleh semua pihak, saya hanya ingin warga juga bisa mempergunakan haknya nanti," ujar Politisi Hanura asal Desa Tianyar Barat ini.

Dikatakannya, pihaknya menemukan ada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih bermula berkumpul saat Ngembak Gni, mereka merupakan warga asal Dusun Taman Sari Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu. Untuk desa lain, Arnawa mengaku  sedang dipetakan oleh tim. Jika memang nanti bisa di maksimalkan, pihaknya pun berjanji akan menyerahkan data-data warga yang belum terdaftar. "Kalau masih bisa mereka masuk sebagai pemilih, ya kita maksimalkan, kalau tidak bisa ya buat apa," ujarnya.

Terkait temuan itu, Komisioner KPU divisi data dan Informasi, Ni Luh Kusmirayanti mengatakan, jumlah temuan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang telah masuk ke KPU sebanyak 73 orang. Jumlah tersebut, belum termasuk yang dibawa oleh peserta pemilu hari ini. Hal ini pun telah disampaikan ke Bawaslu Karangasem saat pra pleno DPT 16 Februari lalu.

Selain merupakan temuan dari para peserta pemilu, juga ada inisiatif warga yang melapor ke KPU. "Saat koordinasi pra pleno DPT, kita sudah sampaikan ke Bawaslu agar ditindaklanjuti, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan," ujarnya.

Pihaknya kata Kusmirayanti, masih menunggu pengaduan dari masyarakat terkait tidak masuk sebagai pemilih. Selain itu, sesuai aturan PKPU nomor 37 tahun 2018 mengisyaratkan, yang belum terdaftar sebagai pemilih baru bisa dimasukan kedalam DPT setelah ada rekomendasi Bawaslu. Jika tidak ada, pihaknya pun tidak berani memasukan mereka. "Ketentuanya memang seperti itu, kalau ada rekomendasi baru bisa kita masukan," ujarnya lagi.

KPU juga berharap, peserta pemilu ikut melakukan pengecekan terhadap calon pemilihnya di TPS, apakah sudah masuk ke DPT atau belum. (bud)