JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Rangkaian upacara Panca Wali Krama di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur terus dilakukan. Untuk mematangkannya, Pemkab Karangasem menggelar rapat persiapan bersama para panitia, dan seksi-seksi kepanitiaan.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa bertempat di Penataran Agung Sad Kahyangan Lempuyang Luhu di Desa Adat Purwayu Desa Tribuana Kecamatan Abang Kab.Abang, pada hari Kamis (3/1/2019).

Dalam rapat tersebut hadir Jero mangku, pengayah, panitia, Ketua Majelis Kecamatan se Kab. Kab Karangasem, Bendesa se-Kec. Abang, Forum Perbekel dan Kepala Desa se-Kec. Abang, Forum Pimpinan Kecamatan, Forkopimda, Forum Muspika, Kepala OPD yang tergabung dalam kepanitiaan. 

Wabup Artha Dipa, mengatakan, tujuan rapat tersebut guna emastikan tugas-tugas seksi pada acara Panca Wali Krama yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019. Puncak upacara akan diawali dengan upacara Segara Kertih, tanggal 11 Januari 2019. Wabup Artha Dipa juga mengingatkan,  bahwa waktu persiapan acara semakin sempit.

Langkah selanjutnya, panitia diharapkan mematangkan persiapan Upacara Segara Kertih yang diawali dengan upacara mlaspas pada tanggal 6  Januari di Pantai Amed yang dilanjutkan dengan upacara Mepepada pada tanggal 9 Januari 2018.

Wabup Artha Dipa yang juga selaku Ketua Panitia Kabupaten Upacara Wali Krama ini mengingatkan, pada upacara Mepepade  akan dilaksanakan oleh 7 Desa Adat. Diantaranya Purwakerti, Bunutan, Culik, Tri Buana, Labasari, Tista dan Datah. Panitia upacara juga diminta berkoordinasi dengan Dinas terkait dan tokoh masyarakat yang kiranya ingin ngayah dalam penyiapan jalan lingkar  agar jalan masuk dan jalan keluarnya lebih terorganisir. 

"Untuk persiapan Mepepada dan Segara Kertih nanti, besok saya minta melaksanakan gotong royong oleh desa Purwakerti, tepatnya masyarakat Tukad Besi dibantu beberapa pegawai di Pantai Amed," ujarnya. 

Ia juga menyebutkan tanggal 1 januari 2019 sudah dilaksanakan peninjauan bangunan sarana dan prasanara di segara Amed. Wakil Bupati Karangasem juga menghimbau kepada seksi upacara agar menyiapkan tanda untuk desa-desa agar mengetahui etape menuju segara Amed serangkaian acara segara kertih. Untuk seksi tamu diharapkan mengkoordinasikan arah pintu masuk dan keluar untuk para undangan, wakil Bupati juga menghimbau agar masing-masing seksi melaporkan sejauh mana persiapan mereka. (bud)