JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Ribuan masyarakat menerima sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Penyerahan sertifikat secara simbolis dilakukan oleh Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri di Balai masyarakat Desa Tulamben, kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (16/12/2018).

Penyerahan ini dalam rangka pembaharuan dan inovasi pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan pertanahan dengan mengintegrasikan dan mendekatkan pelayanan yang dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga kepada masyarakat. 

Kepala BPN Provinsi Bali, Rudi Rubijaya mengatakan, pembagian sertifikat sebagai tanda bukti atas kepemilikan tanah. Sertifikat Tanah yang telah dibagikan nantinya  bisa dijadikan sebagai usaha , dimana usaha tersebut bisa mensejahtrakan kehidupan masyarakat. Pihaknya juga meminta sertifkat itu agar dijaga untuk kepentingan keluarga, dan digunakan untuk usaha yang produktif, dan mudah mudahan bisa bermanfaat. "Ini sebagai bukti jika kepemilikan tanah sudah sah," ujarnya. 

Sedangkan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem,  I Wayan Supandi mengatakan, program penyertifikatan tanah adalah suatu program yang sangat bagus, program ini mampu menyelesaikan permasalahan yang mendasar terkait dengan tanah, masalah ini terjadi karena tidak adanya kekuatan hukum, dngan pnyertifikatan ini akan menjadi kekuatan hukum bagi masyarakat.

"Dengan di bagikannya sertifikat ini masyarakat bisa mencari anggunan di Bank, dan saya mohon kalau sertifikat ini di pinjamkan ke bank, mohon uangnya di pakai untuk usaha ekonomi produktif dalam usaha pertanian," ujar Supandi. 

Sementara itu, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Penyerahan Sertifikat tanah untuk rakyat adalah merupakan kegiatan penyerahan sertifikat hasil Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan di Desa Tulamben Tahun 2018. 

"Kegiatan ini sejalan dengan Visi, Misi dan program unggulan Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkarakter Melayani, menuju Karangasem yang cerdas, bersih, dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana," ujar IGA Mas Sumatri. 

Bupati mengatakan, kegiatan PTSL sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat untuk mendekatkan dan memberikan kemudahan, pelayanan kepada masyarakat, khususnya dibidang penanahan. Mas Sumatri mengatakan,kegiatan PTSL merupakan pembaharuan dan inovasi pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan pertanahan dengan mengintegrasikan dan mendekatkan pelayanan yang dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu datang jauh jauh ke Kantor Pertanahan untuk mendapatkan layanan, namun Kantor Pertanahan yang turun ke masyarakat untuk melaksanakan kegiatan pendaftaran tanah, dengan kegiatan ini diharapkan seluruh tanah di Kabupaten Karangasem terdaftar di tahun 2019. 

Mengingat pentingnya kegiatan PTSL yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Karangasem, kata Bupati IGA Mas Sumatri, demi tercapainya Kabupaten Karangasem lengkap Tahun 2019, pihaknya juga minta kepada seluruh jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Karangasem, para Camat, para Kepala Desa, Para Ke|ian Banjar Dinas, Bendesa Adat, Kelian Banjar Adat dan seluruh masyarakat untuk aktif membantu pelaksanaan kegiatan dimaksud. 

"Apresiasi dan terima kasih saya sampaikan kepada Jajaran Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali dan Kantor Pertanahan Kabupaten Karangasem, atas pelaksanaan kegiatan penyerahan 1000 sertipikat kepada masyarakat Desa Tulamben, dan semoga sertipikat yang telah diterima dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat,"ujarnya lagi. (bud)