JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Harapan masyarakat Karangasem yang mendambakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdiri di Karangasem tampaknya bakal segera terwujud.

Hal itu terungkap saat rapat dalam rangka pendirian Politeknik Negeri Besakih, di Aula Sabha Widya Praja, Dinas Pendidika  Kepemudaan Dan Olahraga Karangasem, Rabu (14/11/2018).

Rapat yang dipimpin Wakil bupati I Wayan Artha Dipa, juga dihadiri Prof. Nyoman Sucipta sebagai narasumber dengan pendamping Nengah Suriata. Wakil bupati Wayan Artha Dipa mengaku, pendirian PTN di Karangasem merupakan cita-cita sejak dulu. Meskipun diakui Artha Dipa, untuk memiliki Perguruan Tinggi atau Pendidikan Tinggi memang tidak mudah dan banyak persyaratan yang harus terpenuhi. "Namun sekarang tinggal sedikit lagi, angan-angan Karangasem memiliki PTN tinggal selangkah lagi," ujar Artha Dipa. 

Artha Dipa juga mengatakan, pendirian PTN merupakan aspirasi masyarakat Karangasem, dimana saat dalam masa kampanye Pikada Bupati lalu, masyarakat menginginkan Karangasem memiliki PTN untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni, tentu pendirian PTN adalah salah satu upaya. "Dulu ketika masih kampanye banyak masyarakat mengatakan bisakah Karangasem membangun perguruan tinggi negeri, sekarang itu akan terwujud," ujarnya. 

Wakil Bupati mengatakan, dipilihnya Politeknik karena lebih banyak berbicara soal kesiapan tenaga kerja yang profesional. Nantinya,  akan didirikan Politeknik Negeri Karangasem dengan mengambil 4 Prodi yang tentunya jurusan jurusan atau Prodi nya ini akan diskusikan lebih jauh dalam studi-studi berikutnya.

"Membangun perguruan tinggi atau pendidikan tinggi pasti harus ada perencanaan. Saya juga pernah berbicara dengan pak nengah suriata selaku tim dari Prof Sucipta, beliau sangat mendorong rencana yang akan di ajukan yaitu pembentukan pendidikan tinggi negeri di Kabupaten Karangasem," ujarnya lagi. 

Artha Dipa juga sangat berterimakasih kepada  Prof Nyoman Sucipta dan Tim. Ia pun berharap hasil rapat ini supaya bisa di implementasikan ke masyarakat. Selain itu, kemungkinan nantinya bisa mengubah nama dari politeknik Negeri Besakih menjadi politeknik Negeri Karangasem. Sehingga Karangasem bisa lebih dikenal. Artha Dipa melanjutkan, secara teknis  ia pun meminta bantuan kepada bapak Prof Sucipta dan Tim untuk menjelaskan lebih mendetail.

"Tidak ada orang pintar tanpa belajar karena itu pendidikan dari tingkat yang paling rendah sampai pendidikan tinggi adalah bagian dari pada Obsesi kita," ujar Artha Dipa.

Sementara Nengah Suriata selaku Tim dari Prof Nyoman Sucipta, mengatakan, pembahasan rapat kali ini untuk membahas tentang pendirian PTN di Karangasem. Melalui visi Karangasem cerdas bersih bermartabat sangat nyambung dengan pendirian dimaksud. Dimana dalam mensejahterakan masyarakat maka pendidikan harus tinggi, program pemerintah saat ini ingin meningkatkan pendidikan dengan membangun perguruan tinggi. "Lulusan kita siap pakai di dunia pekerjaan," ujarnya. 

Sedangkan Prof Nyoman Sucipta selaku narasumber mengatakan, pihaknya akan merencanakan membawa jenjang pendidikan diploma IV setara dengan S1. Ia juga meminta dukungan sebesar besarnya dan berharap tidak ada kegagalan. Prof. Nyoman Sucipta mengatakan, dengan berdirinya perguruan tinggi di Karangasem, harus ada perguruan tinggi pembina, yang bisa menghubungkan ke perguruan tinggi yang ada di Denpasar, sehingga kelulusan anak didik tidak perlu dipertanyakan lagi.

"Sekiranya saya bisa memberikan sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi masyarakat Karangasem, dan tujuan dari pemerintah Kabupaten Karangasem untuk membangun PTN bisa terwujud," ujarnya. (dia)