JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography

AMLAPURA-fajarbali.com | Teka-teki penyebab kematian korban anak dibawah umur, yakni I Kadek Sepi(13)  asal kecamatan Abang akhirnya terjawab. Terungkap, sebelum dinyatakan meninggal, korban sempat mendapat pukulan di wajah dengan tangan  dan leher dengan memakai kayu dan bambu.

Tidak sampai disitu, mulut dan hidung korban juga sempat  dibekap dengan mempergunakan baju. Penganiyaan itu, dilakukan oleh bapak korban, I Nengah Kicen. Hal itu dikatakan Kapolres Karangasem AKBP Ricko Andang Abdilah Taruna, dihadapan media, Rabu (13/10/2021).

 

Menurut Kapolres yang didampingi waka Polres Kompol Dewa Putu Anom Danujaya dan kasat Reskrim AKP Aris Setyanto,mengungkapkan, dari hasil pengumpulan barang bukti termasuk hasil otopsi jenasah korban Kadek Sepi, korban mengalami kekerasan fisik yang dilakukan oleh orang tuanya, I Nengah Kicen. Saat ini, status I Nengah Kicen juga sudah ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan yang menyebabkan anaknya meninggal. “Dari hasil otopsi penyebab kematian korban karena adanya kekerasan dengan mempergunakan benta tumpul pada leher yang mengakibatkan terlepasnya sendi tulang leher yang menimbulkan robekan pembuluh nadi yang berada di saluran penonjolan tulang belakang,” ujar Kapolres.

 

Sebelum korban mengalami kekerasan, ucap Kapolres menirukan keterangan saksi salah satunya adik korban berinisial K,ibu korban Ni Nyoman Sutini dan tersangka sendiri, pada Selasa 21 September lalu, korban bersama adiknya bermain layang-layang, sedangkan kedua orang tuanya menyabit rumput. Lalu, pulang dari menyabit rumput itu, tersangka sendiri melihat korban bermain air yang kemudian ditegur sama tersangka. Saat itu, tersangka sempat menanyakan apakah sudah selesai bermain layan-layang yang kemudian dijawab korban,sudah karena panas. “Ibu dan adik korban saat itu sedang membuat canang diemperan rumahnya,” ujarnya lagi.

 

Dikatakan, korban sempat dipukul dengan mempergunakan tangan kosong, tidak puas sampai disitu tersangka juga melakukan pemukulan dengan mempergunakan pedang-pedangan yang terbuat dari kayu di bagian kepala dan leher korban. Bahkan, tersangka juga kembali mengambil sebilah batang bamboo yang dipakai untuk memukul leher dan kepala korban sampai akhirnya korban terjatuh lantai hingga kejang-kejang. Dikatakanya, kedua orang tuanya ini sempat mengangkat korban kedalam kamar rumah. Dalam kamar itu, dilihat oleh saksi tersangka menutup mulut dan hitung korban dengan memakai baju yang sebelumnya dipakai korban karena saat itu korban berteriak kesakitan dan menangis. Sementara, ibu korban sendiri dilihat saksi memegang kedua tangan korban yang badanya saat itu kejang-kejang. Setelah bekapan dibuka, barulah suara korban mulai mengecil seperti bengek. “Melihat itu, saksi ketakutan dan langsung kembali keemperan membuat canang bersama adiknya yang lain. Korban juga ditinggal di kamar oleh kedua orang tuanya dalam keadaan muntah-muntah dan mencret serta tidak bisa bicara,” tutur Kapolres.

 

Motif tersangka melakukan aksi kejinya terhadap anak kandungnya sendiri, kata Kapolres, karena sebelumnya korban dari pagi bermain layangan dan tidak membantu orang tuanya menyabit rumput sehingga pelaku ini marah dan memukul korban. Kapolres juga meyampaikan, aksi pelaku ini dikenakan pasal 80 ayat (4) Jo pasal 76.C undang-undang RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU nomor 23 tahun 2003 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. Karena dilakukan oleh orang tua,ancaman pidananya di tambah satu pertiga dari 15 tahun menjadi 20 tahun penjara,sub KDRT pasal 44 Ayat (3) UU RI nomor 23 tahun 2004 tentang PKDRT dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun. “Sementara yang kita tetapkan sebagai tersangka baru satu orang, yakni bapak korban,sejumlah barang bukti juga sudah kita amankan,” ujarnya lagi.

 

Sebelumnya, pada Selasa (5/10) lalu tim Inafis Polres Karangasem melakukan pembongkaran kuburan I Kadek Sepi, di setra Banjar Adat Linggawana, Desa Kertha Mandala kecamatan Abang. Pembongkaran dilakukan setelah kepolisian menerima laporan dari I Ketut Eka Putra yang juga sepupu korban yang melihat kejanggalan kematian korban I kadek Sepi pada 21 September 2021 lalu. Saksi ini melihat kejanggalan saat dilakukan pemandian jenasah korban sebelum dilakukan penguburan. (bud)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR- Fajarbali.com | Dukungan moril yang ditujukan kepada Zainal Tayeb tersakwa kasus dugaan menyuruh menempatkan keterangan palsu di dalam akta otentik terus mengalir. 

SINGARAJA-fajarbali.com | Memasuki tahun terakhir pada 2022, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buleleng, Bali 2017-2022 siap dikebut. Ini dilakukan mengingat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng hanya tersisa sebelas bulan lagi.

SINGARAJA-fajarbali.com | Sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap Covid-19, aplikasi PeduliLindungi sangat wajib untuk diterapkan sebagai alternatif screening awal Covid-19, selain protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan vaksinasi tentunya. Dilihat dari data kemarin, jumlah tempat yang sudah teraktivasi aplikasi PeduliLindungi di Kabupaten Buleleng sebanyak 784 titik. Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menyampaikan release hariannya, Senin (18/10/20121).

DENPASAR-fajarbali.com | Menindaklanjuti Pemilu yang akan digelar pada Tahun 2024 mendatang, DPRD Bali berupaya untuk melakukan berbagai persiapan, utamanya soal anggaran. Terbukti dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Dewan tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Umum Legislatif, Gubernur, dan Wakil Gubernur Tahun 2024.

NEGARA -fajarbali.com | Meski serapan anggaran pada APBD Induk yang ada di setiap OPD sudah baik yakni, 67 persen di Jembrana. Bupati Jembrana I Nengah Tamba tetap mengumpulkan seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana serangkaian desk APBD perubahan serta evaluasi serapan anggaran ditahun berjalan di ruang pertemuan lantai dua Gedung Kesenian Ir Soekarno Jembrana. 

DENPASAR - Fajarbali.com | Kasus pencabulan dialami seorang anak berinisial MC yang dilakukan oleh kakek tirinya di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kasus ini bergulir tanpa kepastian meski peristiwa tersebut berlangsung cukup lama.

 

KUTA -fajarbali.com |Dalam setahun terakhir jajaran Bea Cukai memusnahkan ribuan botol minuman keras, rokok dan jutaan rokok yang nilainya mencapai Rp 1.8 miliar. Pemusnahan barang bukti (BB) hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai ini dilaksanakan di halaman Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara di Jalan Airport Ngurah Rai, Tuban, Badung, Senin 18 Oktober 2021 siang. 

BANGLI-fajarbali.com | Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini usai meninjau pasien korban gempa di RSU Bangli, langsung bergerak  menuju banjar Cemara Landung, Desa Terunyan, Kintamani yang paling parah terdampak bencana longsor hingga menelan 2 korban jiwa.

SEMARAPURA-fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Klungkung semakin serius berupaya antisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba. Apalagi saat ini, kalangan remaja justru menjadi target utama para bandar. Untuk membentengi generasi muda sejak dini, Senin (18/10/20121), dilangsungkan workshop pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan.

AMLAPURA-fajarbali.com | Menteri Sosial RI,Tri Rismaharini, M.T. turun kelokasi bencana gempa bumi di Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Senin (18/10/20121). Dalam kunjunganya, Tri Rismaharini, M.T. menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak gempa. Bahkan, Mensos juga turun langsung ke Banjar Dinas Jati Tuhu, lokasi dengan dampak gempa terparah. 

AMLAPURA-fajarbali.com | Sebanyak tiga ton beras, 320 terpal, 300 mie instan, 60 dus kopi dan susu sachet  diserahkan oleh Baguna DPD PDI Perjuangan Bali kepada masing-masing posko penanganan bencana di tiga desa terdampak bencana alam gempa bumi yang terjadi pada Jumat (16/10) lalu. Gempa berkekuatan Magnitude 4.8 merusakan ratusan rumah, serta tiga korban jiwa.

BANGLI-fajarbali.com | Selain menelan korban jiwa dan luka-luka, dampak gempa berkekuatan 4,8 SR yang mengguncang Bali terutama Bangli dan Karangasem, Sabtu (16/10/2021), juga menyebabkan kerugian material mencapai miliaran rupiah.

TABANAN-fajarbali.com | Adanya hari cuti bersama pada Rabu 20 Oktober menyambut Hari Raya Maulid Nabi Muhamad SAW, Perumda Tirta Amertha Buana pada pelayanan kantor dan kasir tutup sementara, sehingga pihak Perumda mengajak pelangganya untuk membayar tagihan melalui transaksi digital melalui mobile banking atau melalui ATM. 

TABANAN-fajarbali.com | Pembahasan atas Kesepakatan Bersama Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2022 dikatakan dapat terlaksana dengan baik, Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya S.E., M.M sampaikan pendapat pada Rapat Paripurna ke-13 Masa Persidangan III tahun sidang 2021, di TCC kantor Bupati Tabanan, Senin (18/10/20121).

DENPASAR-fajarbali.com |  Dibukanya pintu pariwisata internasional secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Bali pada 14 Oktober 2021 lalu disambut gembira sejumlah pelaku UMKM di Pulau Dewata. Meski begitu, kalangan usaha kecil ini menilai kebijakan tersebut tidak akan serta-merta berdampak signifikan terhadap peningkatan pendapatan omzet atau penjualan usaha.

DENPASAR-fajarbali.com | Duta Bahasa Provinsi Bali yang diwakili I Gusti Made Andrian Sumantri dan Anak Agung Erlika Trisna Dewi atau disebut SUMARLIKA, saat ini sedang mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021 bertempat di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

DENPASAR - Fajarbali.com | Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka alias DKP akhirnya resmi 'diinapkan' di Rutan Kerobokan, Denpasar sejak, Senin (18/10/2021).

 

KUTA UTARA -fajarbali.com |Keributan antar warga negara asing terjadi di Jalan Pantai Berawa Desa Tibubeneng Kuta Utara, pada Sabtu 16 Oktober 2011 sekitar pukul 00.50 Wita. Dalam perkelahian satu lawan satu, bule New Zealand berinisial JMJN mengalami luka robek dibagian leher akibat terkena pecahan botol dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara pelaku asal Marocco berinisial YEY (25) diamankan di Polsek Kuta Utara. 

BANGLI-fajarbali.com | Setelah sempat vakum beberapa tahun, pelaksanaan Kontes Anjing Kintamani kembali digelar Pemkab Bangli. Pelaksanaan Kontes Anjing Kintamani tersebut dibuka langsung Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Minggu (17/10/2021) yang dipusatkan  di depan Monumen Pahlawan Anak Agung Anom Mudita. Hadir juga saat itu, Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Forkompinda Kabupaten Bangli dan pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Bangli.

BANGLI-fajarbali.com | Tiga desa di Kecamatan Kintamani, yakni Desa Abang Batudinding, desa Abang Songan dan desa Terunyan hingga Minggu (17/10/2021) sore,pasca gempa dan tanah longsor masih terisolir.

MANGUPURA-fajarbali.com | Guna meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peran UMKM, Pemkab Badung dan Pemkot Bandung bekerjasama menggelar Bandung Week Market 2021 di Beachwalk Kuta.

AMLAPURA-fajarbali.com | Sebagai daerah pariwisata, sejumlah infrastruktur terutama jalan dan pendukung lainya masih sangat kurang di wiayah Desa Purwakerthi,Kecamatan Abang, Karangasem. Selama ini, wisatawan kerapmengeluhkan kurangnya infrastruktur sehingga wisatawan merasa kurang nyaman saat beriwisata di wilayah Purwakerthi, terutama Amed. Hal itu dikatakan Perbekel Desa Purwakerthi, I Nengah Kariawan, Minggu (17/10/2021).

DENPASAR-fajarbali.com |  Dibukanya pintu pariwisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali, secara perlahan akan kembali meningkatkan geliat kunjungan ke objek-objek wisata di Pulau Dewata. Kendati saat ini kunjungan wisman belum menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, namun pelaku pariwisata tetap optimis geliat sektor pariwisata akan kembali bergerak seperti sediakala.

DENPASAR-fajarbali.com | Dalam rangka memperingati "Hand Hygiene Day" Komite Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) dan Pengendalian Resistensi Antimikroba (PRA) beserta Humas RSUP Sanglah Denpasar, Jumat (15/10/2021) menggelar sosialisasi dan edukasi kepada siswa-siswi SMPN 7 Denpasar terkait cara menerapkan protokol kesehatan (prokes), sekaligus melakukan penyuluhan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar di masa pandemi Covid-19.