JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KARANGASEM
Typography
AMLAPURA - fajarbali.com | Belasan ribu Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Karangasem ditemukan ganda. Temuan pemilih ganda itu berdasarkan hasil yang dilakukan Bawaslu Karangasem.


Terbanyak, pemilih ganda dengan parameter Nama dan tanggal Lahir sebanyak 15.335 orang pemilih. Hal itu terungkap saat KPU Karangasem menggelar uji publik DPS, Senin (28/9/2020). 

 

Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, pemilih ganda yang disampaikan itu berdasarkan surat dari Bawaslu Karangasem yang merinci temuan pemilih ganda. Dikatakanya, sesuai surat dari Bawaslu karangasem yang diterima KPU Karangasem, dugaan pemilih ganda atas kesamaan parameter seperti, nama dan tanggal lahir sebanyak 15.335 orang pemilih, nama,tempat lahir dan tanggal lahir sebanyak 2.197 orang pemilih,nama,tempat lahir,tanggal lahir dan alamat sebanyak 471 orang pemilih. “Uji public kami gelar untuk menyempurnakan DPS sehingga kami mendapatkan data valid terkait data pemilih di Pilkada 9 Desember mendatang,” ujarnya.

 

Pelaksanaan uji publik ini, kata Krisna Adi Widana, masyarakat Karangasem juga turut berpartasipasi dengan cara melihat dan mengecek dirinya sendiri di TPS di tempel di seluruh desa  dan tempat-tempat yang mudah dijangkau. Jika belum terdaftar sebagai pemilih, agar segera melaporkan diri ke PPS di tingkat desa, PPK ditingkat kecamatan dan atau KPU Karangasem dengan membawa bukti administrasi KTP dan KK. “Kalau memang belum terdaftar di DPS agar masyarakat melapor kepada penyelenggara dari tingkat desa sampai kabupaten,” ujarnya lagi.

 

Untuk menjamin hak pilih masyarakat Karangasem, sebut Krisna, KPU Karangasem akan terus melaksanakan penyempurnaan DPS melalui uji public. Sehingga untuk penyempurnaan DPS ini, pihaknya meminta peran serta masyarakat Karangasem untuk mengecek sendiri dirinya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih ataukah belum. “Terutama mereka yang sudah memiliki berumur 17 tahun, menikah termasuk pensiunan sehingga bisa terdaftar dalam DPS sebelum nanti kami DPS itu dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya.

 

Sementara kata Krisna Adi Widana, jumlah total DPS Pilkada 9 Desember 2020 sebanyak 375.285 orang pemilih. Kecamatan paling besar pemilihnya, berada di kecamatan Karangasem yakni 73.306 orang pemilih,Kecamatan Abang sebanyak 62.171 orang pemilh, kecamatan Kubu 60.586 orang pemilih,kecamatan Bebandem 42.232 orang pemilih, Manggis 41.476 orang pemilih,kecamatan  Rendang 32.474 orang pemilih, kecamatan Selat 34.318 orang pemilih dan kecamatan Sidemen 28.722 orang pemilih. (bud).