JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Gairahkan Warga Urus Akta Perkawinan, Disdukcapil Gianyar Beri Kado di Prosesi Pawiwahan

GIANYAR
Typography

GIANYAR-fajarbali.com | Disdukcapil Gianyar terus berinovasi terhadap tertib administrasi kependudukan di Gianyar. Salah satu langkah atau terobosan yang dilakukan adalah memberikan ‘Kado’ Akta Perkawinan saat pawiwahan.

Hal ini dilakukan mengingat minimnya pencatatan perkawinan secara online. “Syaratnya pun mudah, mempelai cukup melapor ke Disdukcapil, minimal tiga hari sebelum pawiwahan,” jelas Kabis Pengelalolaan Informasi Administrasi, Ni Ketut Wirati, Senin (22/10/2018).

Pernyataannya ini dikeluarkan di sela-sela melakukan perekamana E-KTP di SMAN Gianyar, Senin (22/10). Ni Ketut Wirati mengungkapkan, program Kado Akta Perkawianan itu, sujatinya sudah lama disiapkan. Hanya saja, baru beberapa warga yang melakukan permohonan.

“Tidak hanya Akta Perkawinan, salah satuya mempelai yang tentunya memohon pemindahan alamat/domisli langsung mendapatkan KTP dan Kartu Keluarga yang baru tentuya,” ungkap Kabisd inovatif ini.

Mengenai persyaratan, Wirati memastikan tidak akan sulit, karena pelayanan administrasi kependudukan, kini sudah dilakukan secara online. Mengenai pemindahan penduduk bagi salah satu mempelai, pihaknya tinggal berkoordinasi dengan pemerintah daerah asalnya.

“Kami ingin menghapus stigma di masyarakat yang apriori mengurus administrasi kependudukan, karena dalih banyak persyaratan dan membutuhka waktu. Tinggal melakukan permohonan kepada kami dengan menyodorkan KTP dan akta kelahiran, selabihnya kami yang akan mengurus. Minimal pelaporannya tiga harai sebelum pelaksanaan upacara,  Paket Akta Pekawinan, KTP dan KK  langsung kami serahkan pada hari prosesi perkawinan berlangsung,” tegasnya.

Program ini dilaksanakan, karena masih minimnya data yang masuk  secara online mengenai  akta kelahiran, akta perkawinan hingga akta kekematian. Namun demikian, pihaknya memastkan jika penduduk Giannyar yang mengantongi akta kelahiran, perkawinan sudah mencapai 80 persen. Hanya saja, baru 45 persan diaataranya yang terdata secara online. “Kami masih melakukan pendataan dengan bantuan aparartaur desa untuk medaftarkan akta ini secara online,” terangnya.

Sedangkan perekaman E-KTP, pihaknya juga terus melaksanakan upaya jemput bola secara meraton. Fokusnya, siswa  atau kalangan anak muda yang sudah memenuhi persyaratan. “Siswa memang manjadi fokus utama kami. Karena berkaitan dengan sukses Pilpres dan Pileg 2019. Hingga kini, warga Gianyar yang sudah rekaman sudah mencapai angka 90 persan. Tagetnya hingga April 2019 menjelang Pelpres/Pilleg, 37 Ribu wajib KTP sudah terekam,” ternagnya.

Kadis Dukcapil Gianyar, I Gede Bhayangkara, secara bertahap pihaknya juga menyusun program inovasi lainnya  dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Gianyar dengan tujuan validasi data kependudukan. Melaui program-program tersebut, masyarakat diharapkan bisa mendapatkan pelayanan lebih cepat dan mudah dalam mengurus administrasi kependudukan. “Kami  juga  mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Gianyar, termasuk pihak sekolah selalu mendukung program ini. Program ada komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya warga kabupaten Gianyar,” papar Bhayangkara. (sar)