JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR
Typography
 GIANYAR-fajarbali.com | Sebanyak 13 desa di Kabupaten tergolong katagori kumuh. Sedangkan di Tahun 2022 ini, dua desa yaitu Desa Blahbatuh dan Lodtunduh menjadi prioritas penanganan. Namun karena keterbatasan anggaran penanganan kumuh ini tertunda. 
 
Dijelaskan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, I Gusti Ngurah Swastika, Selasa (21/6/2022) mengatakan yang mendasari dua desa tersebut masuk prioritas pencegahan kumuh adalah usulan dari masyarakat. Dimana dalam usulan tersebut berbentuk proposal dan setelah usulan masuk masuk, akan dilakukan verifikasi turun kelapangan. "Dasar kedua desa tersebut dinyatakan kumuh adalah dari usulan masyarakat sendiri dan hasil verifikasi," jelasnya. 
 
Ditegaskan meski masuk prioritas pencegahan kumuh, kedua desa tersebut tidak sepenuhnya kumuh. Tapi mencegah agar tidak terjadi kekumuhan. "Kalau tidak ditangani nanti ketika benar  terjadi kumuh, penanganannya akan makin berat," ujarnya. Dikatakan masih banyak desa yang masuk katagori kumuh, melalui usulan proposal masyarakat. Namun yang paling berpotensi kumuh adalah dua desa yang diprioritaskan ini. "Banyak proposal yang masuk, setelah kita verifikasi dua desa ini yang paling berpotensi," jelasnya. 
 
Penataan wilayah kumuh adalah mencegah kawasan tersebut menjadi kumuh, penataan yang dilakukan berupa perbaikan drainase, telajakan jalan, penataan taman dan lampu jalan, area duduk dan bermain. "Pekerjaan pencegahan  kekumuhan dan perbaikan jalan lingkungan utamanya sepanjang jalan utama," ujarnya. Pihaknya belum aktion dalam penataan tersebut, karena anggaran dari Pemkab saat ini sangat minim. Penataan untuk kedua desa tersebut dianggarkan masing-masing Rp 500 juta. "Tapi belum kita garap karena minimnya anggaran, mudah-mudahan ke depan kondisi membaik," ujarnya. 
 
Dalam surat keputuan Bupati Gianyar nomer 1070/E-15/2021, hasil indentifikasi lokasi kumuh yakni, Desa Lodtunduh luas 32,18 Ha, Desa Lebih 38,85 Ha , Desa Tulikup  22,90 Ha, Desa Serongga 23,85 Ha, kelurahan Gianyar 16,63 Ha, Desa Pering 2,18 Ha, Desa Bedulu 2,07 Ha, Desa Keramas 24,98 Ha, Desa Sayan 26,98 Ha, Desa Tegalalang 31,24 Ha, Desa Kenderan 3,75 Ha, Desa Bakbakan 15,31 Ha dan total kawasan kumuh di Gianyar 259,39 Ha.sar

BERITA TERKINI