JA Teline V - шаблон joomla Форекс

GIANYAR
Typography

GIANYAR-fajarbali.com | Walaupun tidak terlibat langsung dalam Pilkel Sabtu lalu sebagai pengadil dalam pesta demokrasi, Bawaslu Gianyar terjun langsung melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkel serentak di Gianyar. Bawaslu Gianyar memberi beberapa catatan dalam Pilkel tersebut. 

Ketua Bawaslu Gianyar, Wayan Hartawan, Senin (17/1/2022) menjelaskan pantauan tersebut penting dilaksanakan guna mencari model pelaksanaan Pileg 2024 mendatang. "Ini walau skala kecil, juga mewakili bagaimana nanti pelaksanaan Pileg nanti," jelasnya. Disebutnya dari pelaksanaan berlangsung kondusif dan lancar. 

Sebagai catatan yang diberikan Bawaslu adalah belum terakomodirnya 100% warga negara yang memiliki hak suara mendapat surat suara. Mengingat dirinya sempat melakukan uji petik sepekan sebelum Pilkel mendapati ada hak warga yang belum diakomodir. Sedangkan pada saat pencoblosan masih ada gestur tubuh oknum seperti mengarahkan untuk memilih seseorang dengan bahasa kode. "Sekalipun tidak dijelaskan dengan verbal, dengan gestur tubuh juga merupakan pelanggaran, yaitu mengarahkan untuk memilih," jelasnya. 

Catatan saat Pilkel ini juga akan dijadikan indikator penilaian guna memetakan potensi kecurangan pada Pileg 2024 nanti. "Intinya aspirasi warga tidak boleh ada tekanan dan aspirasi itu murni sehingga mendapat pilihan yang terbaik," ujarnya. Disamping itu, dengan adanya medsos, informasi pilihan lebih cepat tersebar, sehingga nantinya juga sebagai catatan dalam Pileg mendatang. sar

BERITA TERKINI