JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI
Typography

BANGLI-fajarbali.com | Sejak beroperasinya Badan Pengelola Batur Unisco Global Geopark (BUGG), mulai memberikan angin segar dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangli yang bersumber dari sector pariwisata.

Pasalnya meski belum setahun beroperasi sejak tahun 2019, pendapatan yang bersumber retribusi pariwisata yang berhasil diraup telah hampir mencapai setengah dari target. Hal ini diakui, Bupati Bangli I Made Gianyar saat ditemui disela-sela menghadiri pagelaran Mozaic of Indonesia di Anjungan Penelokan Batur Unesco Global Geopark, Kintamani, Senin (15/07).

Menurut Bupati Made Gianyar, perkembangan kinerja Badan Pengelola BUGG sudah sangat luar biasa. “Kalau dulu, kita tidak pernah mencapai angka 15 miliar. Tapi sekarang prediksinya akan bisa mencapai angka 25 sampai 27 miliar. Sehingga dari target tersebut, kenaikannya bisa lebih dari 100 persen,” tegasnya.

Meski demikian, Bupati Bangli asal desa Bunutin, Kintamani ini kembali menekankan agar jangan sampai terlena dengan perolehan yang telah didapat. Kata Made Gianyar, hendaknya peningkatan tersebut harus tetap diimbangi dengan terjaganya sapta pesona, baik dari sisi kebersihannya maupun keramah-tamahannya.

“Dengan ditetapkan Badan Pengelola ini, tentunya masalah-masalah kepariwisataan harus bisa dihilangkan. Misalnya, adanya kesan orang nyebrang ke desa Terunyan, diberlakukan tidak baik. Itu dulu. Sekarang citra buruknya yang masih ada, harus terus dibenahi. Untuk itu, badan pengelola harus lebih bekerja keras dan ulet,” tegasnya.

Lanjut Made Gianyar, citra buruk dulu itu, harus dilawan dengan baik lagi, baik lagi dan baik lagi. Sehingga citra buruk dimasa lalu, bisa dibenahi dan dihilangkan dengan kesungguhan dan keuletan kita bersama. “Walapun kita terus berbenah, koreksi masih ada, kita harus tetap berbenah,” tegasnya. Dalam hal ini, untuk persoalan pedagang acung, termasuk masalah keamanan juga diharapkan turut dibenahi juga. Sebab, sekarang keramaian pariwisata tidak hanya terjadi di atas saja. Melainkan juga di bawah, seperti di Hot Spring, Toya De Vasya juga ramai.

“Danau Batur kini sudah dikelilingi dengan banyaknya didatangi wisatawan. Bahkan wisatawan yang naik ke Gunung, juga mengalami peningkatan sehingga retribusi juga pastinya meningkat luar biasa,” sebutnya. Dengan kondisi tersebut, Bupati Bangli kembali mewanti-wanti agar pengelolaan pariwisata yang sudah mulai baik agar terus ditingkatkan lagi. (ard)