JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI
Typography

BANGLI-fajarbali.com | Lantaran kembali rawan tumbang, pohon dikawasan hutan Kintamani, tepatnya dijalur Suter-Penelokan dilakukan pemangkasan oleh BPBD Bangli dengan melibatkan jajaran terkait, Senin (13/05).

Hal itu, dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pengguna jalan.Kepala BPBD Bangli, I Wayan Karmawan menjelaskan, pemangkasan pohon jenis albesia di Kawasan hutan Kintamani itu dilakukan karena permintaan dari BKSDA yang mewilayahi Hutan Jalur Suter-Rendang. “Ukuran pohon yang dipangkas sangat besar, seukuran drum dengan tinggi belasan meter. Itu kita pangkas, mengingat keberadaan pohon tersebut sangat berisiko tinggi tumbang ke jalan raya yang merupakan jalur lalin ramai dilalui kendaraan,” ungkapnya.

 

Terlebih diakui, pohon yang sudah berusia puluhan tahun tersebut juga sudah sempat patah beberapa waktu lalu dan ada bagian dahannya masih melintang diatas jalan tersebut.  “Pemangkasan kita lakukan untuk mengurangi dampak bahaya dan risiko sebagai bagian dari pencegahan bahaya bencana,” jelasnya.

Untuk memperlancar proses pemangkasan, disampaikan, pihaknya juga terpaksa melakukan sistem buka tutup arus lalin selama penanganan dan sudah dilakukan koordinasi oleh pihak BKSDA dengan Polsek Kintamani. Hingga akhir kegiatan, proses penanganan pohon yang rawan tumbang tersebut berjalan aman terkendali. Selain itu, pihaknya juga mengaku saat ini masih terus melakukan koordinasi terhadap pohon lainnya yang rawan tumbang dikawasan hutan tersebut dengan BKSDA. (ard)