JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI
Typography

BANGLI-fajarbali.com | Ribuan masyarakat yang memadati acara Peresmian Alun-Alun Kota Bangli pada Rabu (12/1/2022) kecewa berat. Pasalnya, hiburan musik yang saat itu ditunggu-tunggu penonton serangkaian peresmian tersebut tiba-tiba dihentikan aparat. Hal itu terjadi, lantaran rangkaian kegiatan tersebut telah ‘over time’ sehingga melanggar kesepakatan antara panitia dengan Polres Bangli yang mengeluarkan ijin keramaian.

Sebab, rangkaian kegiatan Peresmian tersebut hanya sampai pukul 22.00 wita dengan kapasitas undangan 750 orang. Hanya saja, secara teknis terjadi beberapa kendala yang menyebabkan sejumlah kegiatan ngaret. Sesuai rundown kegiatan, seharusnya ada dua band Indie yang akan ditampilkan mulai pukul 20.00 wita. Yakni, Nostress dan Painful By Kisses (PBK) dengan penampilan masing-masing selama satu jam hingga pukul 22.00 wita. Namun, karena kendala tersebut Nostress baru bisa tampil sekitar pukul 21.35 wita. Alhasil, baru membawakan dua lagu, petugas pun menghentikan kegiatan tersebut. Akibatnya, PBK tidak bisa tampil sama sekali.

Hal ini diakui Dandim Bangli, Letkol. Inf. Putu Gde Suwardana saat dikonfirmasi Kamis (13/1/2022). Menurut Dandim, rangkaian kegiatan Peresmian Alun-Alun Kota Bangli pada Rabu malam kemarin sejatinya telah dilaksanakan dari pagi hingga malam. “Saat itu, Kabag Ops Polres yang pertama ngomong penghentian kegiatan itu. Setelah itu, selang 10 menit karena kurang respon, baru saya bicara,”ujarnya. Disebutkan, penghentian dilakukan karena memang sesuai rundown kegiatan selesainya jam 10 malam. “Start dari jam 6.15 sampai jam 10 malam. Memang dalam kegiatannya itu, harusnya space waktu untuk music akustik itu, dari jam 20.00  wita sampai 22.00 wita, dua jam harusnya. Namun karena dinamika dan segala macamnya, sehingga kegiatan itu baru bisa terlaksana sekitar jam 21.30 wita. Karena, ternyata transisi antar kegiatan ada jeda waktunya hingga beberapa menit. Akibatnya, yang seharusnya jam 20.00 sudah hiburan music, namun belum. Jadi sesuai rundown kegiatan acara itu, memang hanya sampai jam 22.00. Itu alasan pertama,” bebernya.

Berikutnya alasan kedua, kata dia, hiburan musik tersebut terpaksa dihentikan karena kemungkinan orang berpikir itu adalah konser. “Kita tegaskan lagi, itu bukan konser. Melainkan, rangkaian acara Peresmian Alun-alun yang diantaranya ada hiburan musik. Selain itu, setelah kita lihat dilapangan, ternyata massa begitu banyak. Kalau saya hitung cepat, mungkin antara tiga ribu  sampai lima ribuan lebih. Massa dari panggung utara hingga skate park. Begitu massa bergerombol banyak, yang pertama negur adalah Kabag Ops. Yang di barisan pertama yang disorot lampu itu, banyak yang tidak gunakan masker, tidak sesuai prokes,” jelas Dandim Bangli.  

Jadinya saat itu, begitu satu lagu dua lagu dibawakan massa semakin bertambah banyak dan tidak menggunakan masker juga. “Karena itu, kita hentikan. Kita cukupkan sampai disitu karena takutnya tambah ramai,” ujarnya. Disampaikan pula, dari hasil survey yang dilakukannya dengan cara bertanya satu persatu, nyatanya banyak penonton yang datang bukan orang Bangli. “Kalau kita persentase, mungkin setengahnya orang luar Bangli. Begitu ditegur, baru mereka mengeluarkan masker kemudian dipasang. Kita takutnya, tau-tau mencuat kasus di suatu tempat, begitu ditracing ternyata habis dari acara music di Bangli. kita tidak ingin ada istilah pembiaran dari aparat. Sudah tau salah di lapangan, tapi kita tidak berbuat apa-apa. Makanya kita ambil langkah seperti itu (penghentian),” tandasnya.

Disisi lain Ketua Rise Of Bangli Management, I Wayan Wahyu Pramana selaku panitia kegiatan peresmian Alun-alun Bangli menyampaikan permakluman dan permintaan maaf atas penghentian hiburan musik tersebut. Kata dia, diluar perkiraan jumlah penonton yang datang begitu membludak. “Alasan utama pembubaran karena kapasitas penonton. Disamping juga karena ada batas jam-nya. Sehingga memang kami maklumi dan atas nama panitia kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian kemarin. Untuk kedepannya, agar sama-sama bisa lancar, kita terapkan Prokes dan batas waktu sampai jam 10 malam akan kita taati,” ungkap Wahyu Pramana.

Pihaknya juga mengaku menyadari, belum bisa bekerja secara maksimal. “Kami tidak bisa memprediksi penonton yang begitu membludak dan juga kami belum bisa memberikan yang terbaik. Sebab, dari jadwal untuk perijinanan memang sampai jam 10 malam. Karena itu, kami mohon permakluman kepada masyarakat. Mungkin masyarakat kecewa, tapi kita juga berusaha menjaga untuk kedepannya jadi lebih baik lagi. Terutama terkait, penerapan prokes,” jelasnya.

Sementara terkait kelanjutan event kegiatan serangkaian Peresmian Alun-alun Bangli, dipastikan, sesuai jadwal tetap sampai tanggal 16 Januari mendatang.  Untuk itu, pihaknya akan memperhitungkan kapasitas penontonnya. “Kemarin sesuai perijinan, dari kapasitas 1.500 orang yang boleh masuk harusnya 50 persen. Dan, pengunjung harusnya juga dirolling. Namun ternyata melebihi kapasitas yang 750 itu. Disamping itu, karena batas jam juga, sehingga kami menghormati keputusan dari kepolisian,” akunya. Karena itu, atas dasar kesepakatan antara panitia dan pihak TNI/Polri sehingga hiburan musik pada malam itu, distop acaranya. “Bukan dibubarkan. Karena memang melihat situasi jumlah massa memang banyak dan penerapan Prokes masing-masing pengunjung masih kurang. Sehingga atas dasar kesepakatan kami dari EO dan pihak TNI/Polri, menyetop acara tersebut,” pungkasnya. (ard)

BERITA TERKINI

Grid List

DENPASAR – fajarbali.com | Bandesa Agung/Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet mengusulkan agar tokoh-tokoh agama Hindu di daerah itu dapat membahas mengenai ritual pernikahan seorang wanita dengan keris.

DENPASAR – fajarbali.com | Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) UU Cipta Kerja (Ciptaker) dalam sidang paripurna ke-7 DPD RI tahun 2021-2022. Dengan pembentukan pansus itu, DPD RI diharapkan sudah bisa menghimpun berbagai masukan mengenai UU Ciptaker, terutama pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa UU Ciptaker cacat formil atau inkonstitusional bersyarat.

DENPASAR – fajarbali.com | Perubahan status dari Institut Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali menjadi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) semakin memperluas jangakauannya membantu seluruh guru di Tanah Air, terutama di Provinsi Bali dalam hal pelatihan prosedur kenaikan pangkat.

DENPASAR - fajarbali.com | Penyelenggaraan konferensi G-20 di Bali pada akhir 2022 akan ikut menandai diresmikannya “UID Bali Campus”, sebuah kampus terpadu yang akan menjadi wadah mempertemukan lembaga pendidikan, penelitian dan pengembangan terbaik di dunia.

DENPASAR -Fajarbali.com|Setelah absen kurang lebih satu tahun akibat pandemi, Rabu (19/1/2022) Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar akhirnya melaksanakan pemusnahan barang bukti (BB) dari sejumlah perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. 

DENPASAR-fajarbali.com | Pelibatan masyarakat sendiri telah lama menjadi pendekatan dari gerakan Palang Merah Indonesia (PMI) di mana masyarakat menjadi fokus utama dari kegiatan yang dilakukan. Dengan mengadopsi pendekatan ini, tujuan pembangunan akan tepat guna dan tepat sasaran.

Mangupura-fajarbali.com | Desakan untuk menjadikan Bali sebagai 'Pulau Karantina' semakin santer dan diharapkan dapat terealisasikan. Tak sekadar berbicara kesehatan, penetapan Bali menjadi Pulau Karantina juga bakal berimbas positif terhadap perekonomian dan pariwisata Pulau Dewata. Desakan ini tentu beralasan, mengingat perekonomian Pulau Seribu Purai ini dalam dua tahun terakhir tidak beranjak dari tren negatif.

GIANYAR-fajarbali.com | Angkutan siswa gratis Gianyar Aman yang sempat tidak beroperasi, dijanjikan awal Pebruari 2022 siap beroperasi lagi. Angkutan siswa ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pelaksaannya terus dikebut. Saat ini proses tender memasuki masa sanggah dari pemohon tender. 

Denpasar-fajarbali.com | Seiring meningkatnya kasus harian varian Omicron di Tanah Air, pemerintah meminta warga Indonesia untuk menghindari perjalanan ke luar negeri. Melonjaknya kasus varian Omicron di negara ini disebabkan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang menimbulkan terjadinya transmisi lokal.

SINGARAJA - fajarbali.com  I  Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng memprioritaskan tahun 2022 untuk memperbaiki infrastruktur ruas jalan di beberapa wilayah di Buleleng. Hal itu penting dilakukan mengingat aktifitas lalu lintas di Buleleng saat ini sangat padat dan juga keadaan jalan yang sudah mengalami kerusakan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa hari yang lalu.

SINGARAJA – fajarbali.com I Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa meminta Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan tempat bagi konsumen dan distributor produk (Stokis) ditata dengan baik sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan juga aktivitas olahraga di Kolam Renang Nirmala Asri. Melihat adanya lahan kosong yang berdampingan dengan Kolam Renang Nirmala Asri, Pemerintah Kabupaten berencana memanfaatkan lahan itu untuk pemberdayaan UMKM Buleleng.”Lahan kosong ini memiliki akses jalan raya langsung, dan rancangan ini juga sudah disetujui Bupati Buleleng. Rencananya disini akan di bangun PLUT dan Stokis,”ujar Sekda Suyasa saat melakukan peninjauan, Rabu (19/1)

Ditambahkan, pembangunan PLUT usulan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DisgadperinkopUKM) Buleleng dan Stokis dari usulan PD Swatantra itu siap dibangun pada tahun ini.”Dimana setelah dilakukan kajian dan disetujui oleh Bupati tentunya akan dilanjutkan pada tahap pembangunan. Dimana rencana pembangunan akan dilakukan pada tahun sekarang,”tuturnya. Sekda Suyasa berharap nantinya keberadaan PLUT dan Stokis dapat saling mendukung satu sama lain demi kemajuan Buleleng dengan penataan yang baik termasuk juga tempat parkirnya.”Kolam Nirmala Asri sudah bagus, air juga jernih, hanya diperlukan penataan sedikit. Ini areal seperti tempat parkir yang perlu diperhatikan ke depannya bersama dengan PLUT dan Stokis. Bahkan kami juga berharap dengan dibangunnya PLUT nantinya setelah terbangun membawa dampak perubahan yang begitu segnifikan baik terhadap kolam dan pertumbuhan prekonomian yang ada di Kabupaten Buleleng,”tutup Mantan Kadis Pendidikan itu. W - 008.

SINGARAJA-fajarbali.com  I Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengajak seluruh partai politik (parpol) yang ada untuk bergerak bersama dalam rangka pembangunan di Kabupaten Buleleng. Hal tersebut diungkapkannya saat menerima silahturahmi Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Buleleng Gede Harja Hastawa di Kantor Bupati Buleleng, Rabu (19/1).

GIANYAR-fajarbali.com | Penantian hampir 3 tahun akhirnya terealisasi, dimana Desa Lebih memiliki TPS3R. TPS3R ini menempati lahan milik Provinsi Bali seluas 12 are yang keseluruhannya digunakan sebagai tempat pengolahan sampah anorganik dan organik. Peresmian dilaksanakan Rabu (19/1/2022) dihadiri sejumlah pejabat dan warga setempat. 

GIANYAR-fajarbali.com | Musim penghujan sampai pertengahan 2022 ini sejumlah saluran irigasi mengalami kerusakan parah. Bahkan ada saluran induk irigasi yang rusak parah sehingga beberapa subak mesti menunda tanam padi. 

DENPASAR – fajarbali.com | Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih dan jajaran beraudiensi dengan Kapolda Bali, Selasa (18/1). Pada kesempatan itu, rombongan BKKBN Bali diterima Wakapolda Bali Brigjen. Pol. I Ketut Suardana.

DENPASAR - fajarbali.com | Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) menggelar seminar nasional (Semnas) bertajuk “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Strategi dan Inovasi Pembelajaran”, bertempat di Auditorium Redha Gunawan secara daring dan luring.

 

DENPASAR -fajarbali.com |Senator Dr. SHRI I.G.N Arya Wedakarna (AWK) dilaporkan ke Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BK DPD RI), pada Selasa 18 Januari 2022. AWK dilaporkan oleh praktisi hukum I Nengah Yasa Adi. 

GIANYAR – fajarbali.com | Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terus mengucurkan program hibah riset keilmuan. Salah satunya Hibah Riset Desa.

AMLAPURA – fajarbali.com | Pengabdian kepada Masyarakat (Pengabmas), Program Pascasarjana Universitas Ngurah Rai (PPs UNR) tahun 2022 mengusung tema "Melalui Pengabmas, Kita Tingkatkan Pendidikan dan Pelayanan Pengaduan Eksploitasi kepada Anak” bertempat di Panti Asuhan Yayasan Yasa Kerti, Jl Gusti Ngurah Rai 45, Amlapura, Kabupaten Karangasem. Minggu 9 Januari lalu.

DENPASAR – Fajarbali.com | erdakwa kasus penipuan dengan mengaku-ngaku sebagai jaksa dr. Setiadjie Munawar divonis 3 tahun penjara dalam sidang yang digelar, Selasa (18/1/2022).

DENPASAR – fajarbali.com | Sehari setelah menutup acara Business Review Semester II Tahun 2021 bank bjb di Hotel Sofitel, Nusa Dua Bali, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Program Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) untuk usaha mikro berbasis rumah ibadah di wilayah Bali.

DENPASAR - Fajarbali.com|Terdakwa kasus penipuan dengan mengaku-ngaku sebagai jaksa dr. Setiadjie Munawar divonis 3 tahun penjara dalam sidang yang digelar, Selasa (18/1/2022).

DENPASAR -Fajarbali.com|Ditengah padatnya kegiatan sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Denpasar, Yuliana Sagala didampingi pejabat lainnya, Selasa (18/1/2022) melakukan kegiatan bhakti sosial.

SINGARAJA-fajarbali.com | Setelah seorang ibu dan anak warga Jalan Pulau Batam, Kayupas, Kelurahan Banyuning, Buleleng dinyatakan hanyut terbawa aliran Sungai Kalibaru Sabtu (15/1) lalu dan hingga kini belum ditemukan, hujan deras kembali melanda Buleleng Senin (17/01) dan memakan korban jiwa yakni Kepala Seksi (Kasi) Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada Putu Darmawan (57) warga Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada.