JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI
Typography
BANGLI-fajarbali.com | Mobilitas masyarakat kabupaten Bangli, dinilai masih tinggi di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tanggal 3Juli sampai 20 Juli.

Dampaknya, Pemkab Bangli pun disemprit oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan  terkait evaluasi penerapan PPKM Darurat, Rabu (14/7/2021). Yang mana, dari semua  Kabupaten/Kota yang ada di Bali, hanya Kabupaten Bangli yang dinilai masih menyandang warna hitam karena belum mampu menurunkan mobilitas masyarakat hingga 10 persen.

Karena itu, Satgas Gotong Royong Desa Adat akan diaktifkan lagi. Selain itu, penyekatan juga akan diperketat dengan menerapkan penyekatan dua lapis untuk membatasi ruang gerak masyarakat.  Selain itu, penertiban usaha-usaha non esensial juga mulai digencarkan.

Baca Juga :
Sasar Warga Tercecer, Polres Bangli Siap Perpanjang Gerai Vaksin Presisi
Sejak Pemberlakuan PPKM Darurat, 717 Orang Terjaring Di Denpasar


Hal ini diakui Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kabupaten Bangli, Dewa Agung Suryadarma saat dihubungi usai vicon tersebut. Saat itu, vicon bersama Menko Maritim dan Investasi dipimpin langsung Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan dihadiri jajaran Forkompinda Bangli.

“Terkait hasil evaluasi dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, pak Luhut. Dari tiga poin, diantaranya mobilitas penduduk kita (google traffic) maupun pencahayaan, hanya kita di Bangli yang belum significant masih dibawah 10 persen penurunan mobilitasnya,” ungkapnya.

Bahkan diakui untuk di Bali, hanya kabupaten Bangli saja yang mendapat sorotan terkait penurunan tingkat mobilitas masyarakatnya kurang dari 10 persen. Karena ini, Bangli masih ditetapkan berada pada warna hitam.

“Kalau penurunan mobilitas bisa diatas 10 persen, merah warnanya. Kalau diatas 15 persen, kuning warnanya,” jelasnya . Dalam hal ini, yang dilihat bukan dari jumlah keramaian maupun jumlah kasusnya. Mengingat kabupaten Bangli selama ini memang tergolong daerah yang sepi.

Tetapi selama PPKM ini, penurunan mobilitas masyarakatnya yang dijadikan acuan dari normal dan setelah diberlakukan PPKM lagi. “Ini yang memang sulit, sehingga perlu kerjasama dengan lembaga adat untuk membantu mensosialisasikan kepada warganya. Kalau tidak penting sekali, jangan keluar dulu untuk sekedar ke kota atau daerah lain selama PPKM ini. Harapan kita, kalau semuanya bisa kuning, mudah-mudahan tidak diperpanjang lagi PPKM-nya,” sebutnya.

Sebaliknya, kalau penurunannya masih tidak significant, lanjut Suryadarma, tentunya konsekuensi yang diterima adalah PPKM Darurat akan diperpanjang. “Imbas perpanjangan PPKM itu, bukan hanya untuk Bangli saja yang merasakan  melainkan juga untuk Bali. Untuk itu, kita harapkan kerjasama masyarakat. Selama PPKM ini, kanggoin seperti Nyepi dulu sampai tanggal 20 Juli. Nanti kalau semua sudah dianggap bagus, mudah-mudahan PPKM ini tidak diperpanjang lagi untuk Bali,” pintanya.

Karena itu, dalam vicon tersebut telah diputuskan Satgas Gotong Royong desa Adat di Kabupaten Bangli akan diaktifkan lagi. Diharapkan dengan keterlibatan Satgas Gotong Royong bersama Kepala Desa, ikut mensosialisasikan dan memperketat warganya. “Seperti pada awal pandemi, setiap di perbatasan banjar dilakukan penyekatan. Minimal akan memberikan pengaruh penurunan mobilitas masyarakat,” ungkap Suryadarma. 

Berikutnya, disepakati akan dilakukan penyekatan dua lapis di Bangli.  “Tidak hanya di perbatasan, yang masuk Kota rencananya tadi dari Dishub dan Polres akan dilakukan penyekatan di wilayah Cempaga dan Kubu,” tegasnya.  Untuk itu, lanjut Suryadarma, masyarakat yang memang tidak berkepentingan dihimbau agar tidak keluar rumah. “Dipertegas juga, untuk wifi di tempat umum dan bale banjar, sampai pukul 20.00 wita sudah dimatikan semua untuk menghindari titik kumpul anak-anak muda,” jelasnya.

Pejabat asal Puri Susut ini, juga mengakui cukup ewuh pakewuh kaitan dengan upaya melakukan penertiban usaha non esensial. Sebab,jajarannya sebagai ujung tombak akan rawan menerima gesekan dengan masyarakat.

“Kita juga pahami. Namun ya bagaimana, karena sudah seperti itu kebijakan yang diambil oleh Pusat, Propinsi, Daerah, sehingga wajib kita laksanakan. Karena kita juga diberikan tanggung jawab. Kalau tidak bisa menurunkan, berarti kita dianggap gagal kerja.  Semua harus bisa saling memahami. Agar di Bali tidak lagi ada zona hitam. Jangan sampai Bangli saja yang masih hitam, sehingga dampaknya dilakukan perpanjangan PPKM lagi untuk Bali secara keseluruhan,” sebutnya.  Mengingat evaluasi dilakukan oleh pusat setiap tiga hari.

Kaitan dengan upaya penertiban, pihaknya sejatinya telah gencar melakukannya. Terbukti, pada Selasa (13/7/2021), setidaknya 46 usaha non esensial yang masih buka telah disambanginya untuk diberikan pembinaan. “Namun kalau hari ini masih ada buka, tim yustisi tentunya akan mengambil tindakan tegas berupa menjatuhkan sanksi denda Rp 1 juta sesuai Pergub dan Perbup yang berlaku,”tegas Suryadarma. 

Tindak lanjut dari itu, Rabu kemarin, upaya penertiban juga kembali dilakukan menyasar usaha non esensial, termasuk rumah makan dan restaurant yang masih memberikan layanan makan ditempat. Hasilnya, untuk di wilayah kecamatan Kintamani, dari 8 tempat usaha yang disambangi tim yustisi, satu diantaranya terpaksa diberikan sanksi denda Rp 1 juta lantaran membandel melayani makan ditempat.

BERITA TERKINI

Grid List

Denpasar- fajarbali.com | Pembangunan proyek Pelabuhan Laut Sanur yang menghubungkan kawasan Segitiga Emas yakni Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan tampaknya molor dari target yang ditentukan. Dari target yang harusnya Bulan Juli 2021 akan mundur beberapa bulan, yakni Oktober 2021.

Jembrana- fajarbali.com | Aksi balapan liar atau trek-trekan diketahui terjadi di pesisir pantai Desa Pengambengan, Jumat (23/7/2021) petang. Balapan liar yang diikuti sekitar 150 anak muda itu dilaporkan Bhabinkamtibmas Desa Pengambengan Bripka Eko Prasetyo, atas laporan dari Kelian Banjar Ketapang. 

Jembrana - fajarbali.com | Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mengikuti pengukuhan Bendesa Adat Desa Adat Dauhwaru masa Bhakti 2021 – 2026 secara virtual di Pura Jagatnatha Jembrana, pada rahina Saniscara Umanis, Sabtu (24/7/2021).

Denpasar- fajarbali.com | Kasus pembunuhan yang melibatkan Debkolektor di Monang-maning Denpasar beberapa waktu yang lalu sampai ke telinga DPRD Bali. Terlebih saat ini, kasus yang telah ditangani aparat kepolisian tersebut sudah masuk ditetapkan tersangkanya.

Klungkung- fajarbali.com | Untuk kali kesekian, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberi bantuan rehab rumah kepada warga kurang mampu. Dengan menggunakan dana operasional pribadinya, kini giliran keluarga Putu Pande Arianti yang dibantu oleh bupati. Semenjak kematian suaminya, sosok ibu yang memiliki dua anak tersebut otomatis menjadi tulang punggu keluarga. Penghasilannya hanya mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Klungkung- fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Klungkung mulai melalukan antisipasi lonjakan kasus Covid-19. Salah satunya, dengan menyediakan tempat isolasi tambahan. Ada dua lokasi yang disiapkan, yakni di Graha Sanggraha dan Tempat Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjarangkan. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Minggu (25/7/2021) mengecek langsung kesiapan dua tempat yang akan disiagakan sebagai tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 tersebut.

Badung- fajarbali.com | Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung Ikuti Verifikasi dan Observasi Lapangan pada Ajang Kompetisi Inovasi pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2021 di Balai Kelompok  Nelayan Pantai Kedonganan, Jumat (23/7/2021). Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Kegiatan yang diawali presentasi dan wawancara dengan tim Panel Independen (TPI) KIPP 2021 ini dihadiri sekaligus sebagai penguji dari KemenPAN-RB Harris Turino dan Nurjaman Mochtar, Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara, Kabag Organisasi I Wayan Putra Yadnya dan pejabat terkait dilingkungan Pemkab Badung.

Badung- fajarbali.com | Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Pimpin rapat koordinasi Satgas Covid -19 di Ruang Pertemuan Kriya Gosana Puspem Badung, Kamis (22/7). Turut mendampingi Plt. Kalaksa BPBD Badung I Wayan Wirya yang juga Kadis Karmat Kabupaten Badung, Perwakilan Forkopimda Badung, Perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Badung - fajarbali.com | Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Badung pada tahun anggaran 2022 dirancang Rp 2,9 triliun. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar Rp 800 miliar lebih dibandingkan APBD Badung 2021.

Badung- fajarbali.com | Sebagai wujud kehadiran pemerintah daerah ditengah masyarakat pada masa PKKM Darurat, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa dan Sekda Wayan Adi Arnawa, melaunching penyerahan simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten Badung tahap 1 untuk Kecamatan Mengwi, Abiansemal dan Petang bertempat di Wantilan Pura Dalem Mengwi, Wantilan Desa Sedang dan Wantilan Desa Carangsari, Senin (19/7/2021). Turut hadir Inspektur Kabupaten Badung Ni Luh Suryaniti, Kadis Sosial Ketut Sudarsana, Kepala BPD Mangupura, Camat Mengwi, Perbekel Mengwi dan Bendesa Adat Mengwi.

KUTA -fajarbali.com |Aksi pencurian kabel tower milik PT. XL Axiata di Jalan Kubu Anyar Gang Mushola, Kuta, diungkap Tim Opsnal Reskrim Polsek Kuta, pada Minggu 25 July 2021 sekitar pukul 12.30 Wita. Polisi memergoki pelaku Muhamad Shodiq (41) sedang memotong kabel tower sepanjang 50 meter dengan menggunakan tang dan gunting. 

DENPASAR -fajarbali.com |Guna menetralisir aura negatif agar kembali suci, tenang dan nyaman, krama Banjar Sanga Agung menggelar upacara penyucian wilayah menggunakan Caru Panca Sata dilokasi tewasnya anggota ormas Gede Budiarsana (34) di simpang Jalan Subur-Kalimutu, Tegal Harum, Monang-maning Denpasar Barat, pada Kamis 29 July 2021. 

NEGARA - fajarbali.com | Razia vaksin kembali digelar oleh petugas gabungan. Kali ini operasi yustisi itu dilaksanakan di dua tempat yakni di Kelurahan Loloan Barat dan Kelurahan Loloan Timur, Selasa (27/7). Di Loloan Barat di barat Jembatan Syarif Tua tepatnya di depan sekolah MI, tim Yustisi terdiri dari kepolisian, TNI , Pol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan menyasar warga atau pengendara yang datang dari barat. Sedangkan di Loloan Timur Jembatan Syarif Tua sasar pengguna jalan dari arah timur. 

DENPASAR-fajarbalii.com | Setelah didatangi ratusan orang tua siswa yang meminta kejelasan nasib pendidikan anak-anaknya, DPRD Bali langsung menggelar Rapat tertutup dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali pada Hari Selasa (27/07) di Ruang Banmus Lantai III Gedung DPRD Bali. Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Sugawa Korry didampingi Ketua Komisi IV DPRD Bali I Gusti Putu Budiarta, dan Wayan Disel Astawa.

 

BANGLI-fajarbali.com | Prosedur pelaksanaan isolasi terpusat (Isoter) yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bangli kini telah diubah. Hal ini lantaran banyaknya desa yang menyampaikan permohonan agar prosedur isoter diperlonggar. Karena itu, hingga saat ini lokasi isoter yang disiapkan Pemkab Bangli di RSJP Bangli untuk kapasitas 200 orang, nyatanya baru terisi 20 orang. Hal ini diakui Humas  GTPP Covid 19 Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

KLUNGKUNG-fajarbali.com | Selain mengandalkan penanganan tim medis, Pemerintah Kabupaten Klungkung juga menyiapkan cara unik untuk meningkatkan imun para pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan. Rencananya, semua ruang isolasi akan dilengkapi televisi (TV). Hanya saja, siaran yang ditayangkan khusus video lucu ataupun acara lawak. Cara ini diharapkan dapat memberi pengaruh positif dapat mengurangi rasa jenuh dan stres selama menjalani isolasi.

KLUNGKUNG-fajarbali.com | Selain mengandalkan penanganan tim medis, Pemerintah Kabupaten Klungkung juga menyiapkan cara unik untuk meningkatkan imun para pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan. Rencananya, semua ruang isolasi akan dilengkapi televisi (TV). Hanya saja, siaran yang ditayangkan khusus video lucu ataupun acara lawak. Cara ini diharapkan dapat memberi pengaruh positif dapat mengurangi rasa jenuh dan stres selama menjalani isolasi.

MANGUPURA-fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Badung mengikuti kebijakan PPKM level 4 yang ditentukan Provinsi Bali. Hal tersebut disampaikan, juru Bicara Satgas Covid-19 Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra. Badung pun katanya, saat ini tengah merancang SE Bupati yang akan menjabarkan kebijakan tersebut. 

BANGLI-fajarbali.com | Secara resmi masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS) (dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) Kabupaten Bangli telah ditutup pada Senin (26/7/2021) pukul 24.00 wita. Hasilnya, hingga akhir masa pendaftaran masih tercatat ada lima lowongan justru nihil pelamar.

BANGLI-fajarbali.com | Harapan masyarakat untuk bisa membangun akses jalan tembus antara Ancut Temaga, Desa Tiga Kecamatan Susut dengan  Desa Kayubihi,  Kecamatan  Bangli akhirnya bisa terwujud. Hal ini diakui kalangan masyarakat setempat berkat inisiatif dan perjuangan anggota DPRD Bangli dari Fraksi PDIP I Wayan Mertha Suteja. Jalan penghubung dua wilayah ini resmi tembus per tanggal 26 Juli 2021.

Badung- fajarbali.com | Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) I Putu Eka Merthawan ikuti acara Penerimaan Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Tahun 2021, secara virtual bertempat di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan Bupati Badung, Kamis (22/7/2021).

MANGUPURA-fajarbali.com | Guna memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) PPKM Kabupaten Badung yang bersumber dari APBD tersalurkan dengan baik, dan sampai ke tangan masyarakat. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Sekda Adi Arnawa langsung memantau proses pencairan BLT di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Kuta Utara bertempat di Gor Perancak, Kecamatan Kuta bertempat Kantor Lurah Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan bertempat di Wantilan Kantor Lurah Benoa, Selasa (27/7). Turut hadir anggota DPRD Badung Wayan Sandra, DPRD Badung Anom Gumanti, DPRD Badung Wayan Loka Astika, Kadis Sosial Ketut Sudarsana, Camat Kuta Utara, Camat Kuta dan Camat Kuta Selatan.

GIANYAR-fajarbali.com | Di masa pandemi covid 19 yang sudah berlangsung hampir satu setengah tahun, nampaknya populasi sapi di Gianyar meningkat drastis. Kondisi ini disebabkan warga yang ada di pedesaan selain terjun kembali ke pertanian juga mencoba mmemelihara sapi sebagai alternatif menabung. 

MANGUPURA-fajarbali.com | BPJS Kesehatan Cabang Denpasar bersama Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia (PKFI) Cabang Badung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung melaksanakan Kredensialing dan Rekredensialing Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk FKTP wilayah Kuta Selatan Kabupaten Badung, diantaranya Klinik Bayu Suta, dr. Nyoman Puri, Klinik Bhaksena Tragia, dan Klinik Pratama Medika Nusa Dua.