JA Teline V - шаблон joomla Форекс

JEMBRANA
Typography

NEGARA-fajarbali.com | Masih minimnya personil Basarnas yang ada di Jembrana, sehingga masih dibutuhkan tenaga sebagai petugas Basarnas. Jumlah Basarnas di Jembrana sebanyak 15 orang, dan masih terasa kurang karena wilayah perairan cukup luas dan juga kerawanan akan musibah.

Minimnya jumlah personil disampaikan Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsma TNI Faturahman Indrajaya usai membuka pelatihan Potensi SAR di Jembrana, Kamis (14/3) kemarin.

Faturahman mengakui adanya keterbatasan personil dan harapannya agar bisa bersinergi serta kerjasama yang solid bersama potensi SAR baik dengan instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat dan organisasi berpotensi SAR lainnya. Menurutnya, di Bali jumlah personilnya sebanyak 124 orang dengan jumlah wilayah perairan yang luas dan ditambah wilayah perairan yang jadi obyek wisata. "Sekarang kami harus senantiasa meningkatkan profesionalisme karena ini juga menyangkut image pariwisata di Bali," ujarnya.

Pelatihan potensi SAR ini, diselenggarakan karena untuk melakukan sinergitas antara Basarnas dengan Pemerintah Provinsi Bali.Khusus di Jembrana, telah sepakat untuk menjalin kerjasama dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia di bidang SAR yakni dalam penguasaan tehnik water resque. Pembinaan potensi SAR sudah secara aktif dilakukan, ditambah lagi dengan kondisi geografis di kabupaten Jembrana dengan luas perairan 604,24 km. Potensi perairan tentunya aktifitas yang banyak pada pelayaran. Kabupaten yang berada paling barat dari provinsi Bali,  merupakan pintu masuk dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk. Hal ini tentunya menjadi satu alternative, terpilihnya Jembrana sebagai tempat pelatihan potensi SAR water rescue.

Sebanyak 65 peserta yang terdiri dari instansi pemerintah, nelayan dan pelaku pariwisata ikut dalam pelatihan potensi SAR. Tenaga pengajarnya, sebanyak 14 instruktur yang merupakan rescuer terlatih dan mempunyai keahlian khusus dalam penanganan SAR di perairan. Di hari pertama dengan materi-materi dasar dan juga akan dilakukan praktik langsung yang bertempat di Candikusuma. (prm)