JA Teline V - шаблон joomla Форекс

PENDIDIKAN

NEGARA-Fajar Bali | Ni Putu Sekar Santidewi tercatat sebagai siswi kelas XII SMAN 2 Mendoyo (Resmando), Kabupaten Jembrana. Bermodal kepercayaan diri yang tinggi, Sekar, begitu ia disapa, berhasil mengoleksi berbagai gelar juara kategori seni, budaya maupun sains di berbagai jenjang, meski sempat dipandang sebelah mata oleh guru dan rekannya saat baru duduk di bangku SMA.

Sulung dari tiga bersudara buah pernikahan Manik Arta dengan Wiwik Swandewi ini mengaku, saat kelas I SMA, ia tidak dihiraukan di sekolahnya, lantaran dianggap pelajar biasa yang tak mempunyai talenta. Nestapa kian sarat, saat Sekar hanya dijadikan cadangan latihan gerak jalan, untuk persiapan parade gerak jalan tingkat SMA se-Kabupaten Jembrana kala itu.

“Sedih sekali saya waktu itu, sampai nangis. Pengalaman yang tidak mengenakkan. Padalah saya yakin punya kemampuan lebih, dan saya tetap berusaha menunjukkan prestasi,” kenangnya dengan mata memerah menahan air mata, Sabtu (4/11/2017) di Jembrana.

Karena tekad yang kuat, akhirnya Sekar berkesempatan menjadi komandan peleton (danton) gerak jalan. Manariknya, ia dan pasukannya berhasil memperoleh juara harapan I. “Semenjak itu, guru-guru mulai memperhitungkan saya,” imbuhnya lagi.

Sebagai bentuk kepercayaan, Sekar terpilih menjadi Wakil Ketua Osis selama dua periode. Ia juga aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah yakni tari dan English club. Dara kelahiran 30 Agustus tahun 2000 ini merupakan angkatan ke-5 di Resmando, alasan itulah yang membuatnya memilih Resmando sebagai sekolah lanjutan setelah menamatkan pendidikan SMP-nya.

 “Resmando kan deket rumah saya. Selain itu yang terpenting, karena sekolah ini baru, jadi saya ingin mengibarkan bendera sekolah, agar lebiih dikenal,” akunya.

Prestasi berhasil diukirnya dari tahun 2015 hingga sekarang antara lain Juara harapan I Gerak Jalan se-Jembrana, Juara III lomba Tari Legong Kuntul se-Jembrana, Juara II lomba Kekawin se-Jembrana, Juara I musikalisasi puisi se-Bali, Juara harapan III Cerdas Cermat PMR, juara III lomba Paduan Suara, Juara III lomba Menyanyikan Lagu Kerohanian Depag, Juara III lomba Debat KSPAN (2017), Finalis Olimpiade Sains Bali Pintar se-Bali, dan Finalis lomba KTI di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (Unud).

Sedangkan kegiatan yang pernah diikuti diantaranya Pelatihan Konselor Sebaya, Pelatihan Menulis Kreatif bersama Putu Fajar Arcana, Paskibra Kecamatan Mendoyo, Kader Pelestari Budaya, anggota Forum Anak Daerah Jembrana, sebagai Remaja Berprestasi Bali (Komunitas Sadar Sehat), menari pembukaan Pawai Budaya Jembrana, dan pembukaan PKB  di Denpasar.

Lebih lanjut, Sekar mengaku kegiatan yang paling berkesan adalah saat menimba ilmu bersama maestro Tari Temu Misti yaitu berlatih menari tari gandrung dengan 15 penari se-Indonesia di Banyuwangi, serta mementaskannya di Gedung Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta bersama teman-teman dari berbagai maestro. Sebagai narasumber di RRI, dan narasumber di salah satu tv swasta.

“Cita-cita saya bisa membahagiakan orang tua dengan profesi yang diperoleh nanti. Pesan saya, untuk remaja Indonesia, selalu mencoba dan jangan takut gagal, jangan pernah mementingkan juara saat mengikuti kompetisi namun pengalaman, teman, dan ilmulah yang perlu dicari dan ditabung untuk kehidupan kita ke depannya,” pungkas Sekar. (Gde)