Friday, Nov 28th

Last update:04:09:51 AM GMT

You are here:

Bonsai Indah, Koleksi Bonsai Terlengkap di Bali

Surel Cetak PDF

EKONOMI-AGUNG-I Made Simon

DENPASAR-Fajar Bali

Para pecinta Bonsai, akan terpenuhi keinginan memiliki tanaman yang dikerdilkan ini pada stand Bonsai Indah di Jl. Hayam Wuruk Denpasar.Pemilik stand Bonsai Indah, I Made Simon bahkan mengklaim koleksinya terbesar dan terlengkap dengan berbagai macam jenis, bentuk dan ukuran bonsai. “Para penghobi bonsai akan dimanjakan dengan koleksi yang dimiliki di Bonsai Indah,”ucap Made Simon, Minggu (17/11) kemarin.Bonsai Indah menurutnya sebagai pioner di Bali. Disamping sebagai mata pencaharian, juga hobi serta bisa berkumpul sesama pencinta bonsai dan saling tukar pengalaman.

“Kami menyediakan jenis bonsai santegi dan vikus, bunut, beringin, kimeng, kawista, asem, anting putri dan masih banyak lagi jenis yang lain,”imbuhnya.

Menurutnya, jenis Santegi dan Vikus, didatangkan dari luar Bali seperti dari Sumba, Sulawesi, Irian import dari Taiwan masih diburu oleh para pecinta bonsai.Di Bali sekarang sudah mulai membudidayakan tanaman bonsai seperti jenis beringin, budidaya dilakukan untuk menyeimbangkan penggalian yang dilakukan. “Untuk menyeimbangkan pengalian yang dilakukan di Bali pada khusunya sekarang sudah mulai dilakukan pembudidayaan bonsai terutamanya untuk jenis beringin,” jelas Pengusaha kelahiran 1 januari 1965 ini.Sedangkan untuk harga yang ditawarkan mulai Rp. 1.00 ribu sampai ada yang satu pohon menembus harga mencapai Rp. 3.00 juta. Sedangkan pendapatan rata-rata perbulan dari usaha ini mencapai Rp 20 Juta sampai Rp 30 juta.Terkait penjualan, jenis tanaman mahal jadi masyarakat sedikit memilih-memilih untuk membelinya. “ Untuk kendala yang saya hadapi dalam menjalani usaha ini terkait penjualanya, karena harga dari bonsai-bonsai ini cukup mahal, jadi para pembeli sedikit memilih-milih,” kata Simon.Usaha bonsai ini juga bisa menyerap tenaga dan menciptakan lapangan kerja lebih banyak, seperti misalnya, desainer bonsai, penjual pot, penjual media seperti tanah dan tukang angkat. Semuanya bisa diberdayakan. M-004

Bonsai Indah, Koleksi Bonsai Terlengkap di Bali