JA Teline V - шаблон joomla Форекс
19
Thu, Oct
61 New Articles

KLUNGKUNG
Typography

SEMARAPURA-Fajar Bali | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung mulai menerapkan strategi baru untuk menangani ribuan pengungsi di GOR Swecapura, Gelgel. Rabu (11/10) tim gabungan yang terdiri atas BPBD, Dinas Sosial, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar rapat dengan perwakilan pengungsi. Untuk selanjutnya para pengungsi akan diberdayakan untuk memasak, menjaga kebersihan, hingga keamanan.

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Putu Widiada menyampaikan, para pengungsi akan dibagi dalam kelompok. Nanti, masing-masing kelompok memiliki seorang koordinator yang bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi dan kegiatan selama di pengungsian. Di samping itu, setiap kelompok juga harus menyiapkan anggotanya untuk memasak, membungkus makanan, serta menjaga kebersihan.

"Kami berharap setiap kelompok dapat mengkoordinir masing-masing anggotanya untuk ikut berpartispasi dalam memasak di dapur umum. Karena dalam sekali masak untuk dapur umum membutuhkan 40 orang, baik memasak maupun membungkus makanan. Untuk sisi kebersihan juga dibutuhkan 40 orang perhari," ujarnya.

Widiada mengimbuhkan, kelompok-kelompok ini sengaja dibentuk selain untuk memberdayakan pengungsi, juga untuk meringankan beban psikologis mereka. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan, akan mengurangi kejenuhan selama berminggu-minggu di GOR Swecapura. "Segala hal yang belum jelas agar segera dikoordinasikan kembali di posko utama," tegasnya.

Selain mengajak para pengungsi menyiapkan masakan, Dinas Lingkungan Hidup juga berencana untuk melibatkan mereka dalam bidang kebersihan. Minimal, tidak membuang sampah sembarangan. Para pengungsi juga diingatkan agar tidak menimbun barang-barang atau sampah yang dapat menjadi sumber penyakit. Sebaliknya, para pengungsi diminta untuk memanfaatkan tempat-tempat sampah yang sudah disediakan di berbagai sudut.

Sementara dari Dinas Sosial mengharapkan pembentukan kelompok-kelompok ini dapat memudahkan pembagian keperluan yang lain. Seperti tempat mandi cuci kakus (MCK) yang jumlahnya terbatas di GOR Swecapura. W-019