JA Teline V - шаблон joomla Форекс

KLUNGKUNG

 

SEMARAPURA-Fajar Bali | Harapan Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk membangun pelabuhan segitiga emas nampaknya sebentar lagi akan terwujud. Mengingat rencana pembangunan pelabuhan Sampalan sudah masuk tahap Detail Enginering Desgn (DED) dan master plan. Sesuai rencana, realisasi tiga pelabuhan yang ditaksir menelan dana Rp 100 miliar tersebut akan dikerjakan secara bertahap.

 Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Nyoman Sucitra, Selasa (24/10) menegaskan, sesuai namanya pelabuhan segi tiga emas ini akan dibangun di tiga lokasi. Yakni  di Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan, Dusun Sampalan Desa Batununggul, dan Desa Bias Munjul Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida. Selain untuk menunjang sektor pariwisata yang sedang berkembang, ketiga pelabuhan ini juga dibangun dengan tujuan mempermudah pengamanan dan pemantauan. Lantaran bila sudah terealisasi, kelak penyeberangan ke Nusa Penida akan melalui satu pintu.

Sucitra menyampaikan, untuk merealisasikan mega proyek tersebut, saat ini Pemkab sudah melakukan sejumlah persiapan teknis. Tahap pertama, realisasi akan difokuskan di Dusun Sampalan. Presentasi Detail Enginering Desgn (DED) dan master plan sudah dilakukan. Sedangkan untuk di Desa Pesinggahan dan Bias Munjul akan memasuki tahap feasibility study (FS) yang dananya dianggarkan di APBD perubahan.

 “Untuk di Sampalan, pembangunannya membutuhkan anggaran Rp 35 milar. Jadinya untuk merealisaskan semua, sapai perlu Rp 100 miliaran,” papar Sucitra. Melihat kebutuhan anggaran yang sangat besar tersbut, ia menegaskan realisasi pelabuhan segi emas akan dilakukan secara bertahap. Sesuai dengan kondisi keuangan daerah. 
“Dananya sangat besar. Rencana tahun depan yang di Sampalan sudah bisa dikerjakan. Realisasinya akan dilakukan bertahap," imbuhnya.

Menanggapi rencana pembangunan ini, Perbekel Desa Pesinggahan, I Nyoman Suastika pun menyambut antusias. Ia mengatakan, saat ini desanya sedang menggali potensi wisata. Khususnya kawasan Bukit Tengah yang mulai dilirik untuk jalur tracking. Menurutnya apabila pelabuhan segi tiga emas sudah terealisasi, tak hanya warga pesisir yang diuntungkan, tapi keseluruhan Desa Pesinggahan juga akan merasakan dampak positifnya. Apalagi bila kelak Desa Pesinggahan ditetapkan sebagai desa wisata. " Apalagi jika Desa Pesinggahan jadi desa wisata. Ini bisa memberi berdampak bagus. Kami berharap bisa terealisasi," harapnya. (dia)