JA Teline V - шаблон joomla Форекс

BANGLI

BANGLI-Fajar Bali |  Saat Umanis Galungan Kawasan obyek wisata Kintamani yakni di Penelokan dan Desa Wisata Penglipuran masih tetap menjadi primadona para wisatawan dominan warga Bali menikmati indahnya pegunungan dan suasana pedesaan yang masih ASRI. Terbukti dua obyek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sedangkan wisatawan domestik yang dari luar Bali, umumnya datang secara berombongan dengan menggunakan bus Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pengunjung  sangat ramai pada Manis Galungan. Kendaraan roda dua maupun empat sejak pagi sudah  mulai berdatangan. Meski pengunjung sangat padat,pantauan dilokasi Penelokan pukul 13.00. pihak instansi terkait tidak ada betugas untyuk pengamanan. Situasi membludaknya pengunjung ke DTW dimanfaatkan oleh para pengunjung yang membawa sepeda motor dengan parkir ditempat yang sehariannya steril dari parkir saat ada petugas yang jaga tidak seperti saat umanis Galungan lalu. Selain itu, karena sekarang bertepatan dengan liburan sekolah, jadi membuat suasana liburan semakin terasa.

Berdasarkan pantauan, di Obyek Wisata Penelokan, kedatangan pengunjung khususnya di kawasan Penelokan mulai terlihat sejak pukul 11..00 Wita. Awalnya, jumlah pengunjung mencapai ribuan. kendaraan roda empat maupun dua padat. Sehingga jumlah pengunjung yang datang semakin banyak. Arus lalu lintas menjadisedikit  krodit. Sementara itu, sejumlah pengendara roda dua masih banyak yang parkir di zona terlarang makulum tidak ada petugas. Cuaca yang cerah keindahan Gunung dan Danau Batur terlihat dengan jelas, pengunjung yang datang mencapai ribuan orang. Disamping itu seperti kita lihat banyak wisatawan juga mulai turun ke kawasan Toyabungkah,Trunyan maupun Kedisan untuk menikmati keindahan Danau.

Menurut salah seorang pengunjung asal Gianyar yang tidak mau disebut namanya mengatakan pihaknya sering berwisata ke Penelokan, bersama rombongan sepeda motor.Ditanya mengapa parkir ditempat terlarang dengan malu-malu dia menjawab "Ah mungpung tidak ada petugas"ujarnya.

Sedangkan obyek wisata Anjungan Tukad Melangit yang ada di Dusun Antugan,Desa Jehem,Kecamatan  Tembuku  juga ramai pengunjung kebanyakan warga lokal Bali.Sementara kawasan Toya Bungkah dan sekitar Danau Batur terlihat mobil roda empat dan sepeda motor lalulalang turun terlihat ramai pula.

Disamping itu hal serupa juga terjadi pada objek Wisata Desa Penglipuran.Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pengelola Objek Wisata I Nengah Moneng ,kunjungan pada umanis Galungan ini ditaksir lebih sedikit dari libur tahun baru.Pasalnya liburan kali ini hanya libur lokal Bali saja.Kemungkinan nanti saat libur nasional dan tahun baru yang tinggal dua bulan lagi, mungkin bisa lebih ramai lagi. "Jumlah tingkat kunjungan rasanya belum bisa dihitung"ujarnya. (sum)