JA Teline V - шаблон joomla Форекс

JEMBRANA

NEGARA- Fajar Bali | Semak-semak dan rerumputan serta pepohonan di hutan Bali Barat yang termasuk kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) tampak mengering dan gersang. Mengeringnya kawasan itu, membuat kekhawatiran dan rawan kebakaran. Kawasan TNBB, memiliki dua wilayah satu masuk daerah Jembrana dan juga masuk wilayah Singaraja.

Keringnya kondisi hutan Bali Barat ini, berakibat banyak hewan-hewan seperti menjangan, kera, kancil, memiliki ke luar areal hutan dan mencari makanan di pinggir jalan raya serta di pinggir pantai. Dikhawatirkan, bila musim kemarau dan kondisi hutan mengalami kekeringan, akan menimbulkan kerawanan kebakaran, bila ada percikan api di rumput serta semak yang kering.

Bila terjadi kebakaran, maka dipastikan binatang-binatang yang berada di dalam hutan, akan kabur dan tidak ada lagi tempat berlindung. Bahkan hewan-hewan langka seperti Jalak Bali, habitatnya akan terganggu, padahal hewan jenis itu hanya ada di hutan Bali Barat dan dilindungi,. Menurut salah seorang warga sekitar, kerawanan kebakaran yang sering terjadi adalah pada bagian semak-semak yang berada di pinggir jalan raya. Hal itu disebabkan karena orang yang melintasi, terutama pengguna jalan raya, membuang puntung rokok sembarangan, sehingga akan menimbulkan munculnya api yang dapat merambat ke semak-semak kering.

Terkait rawan kebakaran, Kasubag TU TNBB, Wirawan Senin (2/10) mengatakan biasanya di musim kemarau yang menimbulkan kekeringan terutama pada semak-semak di kawasan Hutan Bali Barat, akan rawan terjadinya kebakaran. Biasanya selain factor alam dan juga bisa terjadi karena factor manusia yang terkadang sengaja membakar rerumputan atau semak-semak yang kering..  Kerawanan kebakaran tersebut, sudah diantisipasi oleh pihak petugas TNBB. “Masyarakat kita ajak, untuk menjaga hutan di Bali Barat, dari kerawanan kebakaran,” tegasnya, sembari mengaku sudah menyiapkan alat pemadam gendong, mobil atau kendaraan yang dikhususnya sebagai pemadam kebakaran hutan serta mobil tangki. Untuk mencegahnya, pihaknya terus melakukan langkah patroli. W-003