JA Teline V - шаблон joomla Форекс

JEMBRANA

 

NEGARA- Fajar BaliPenjualan minuman beralkohol (mikol) masih ditemukan di sejumlah warung tanpa izin. Ditemukan penjualan mikol tersebut saat dilakukan sidak oleh tim gabungan yang terdiri dari petugas Dinas Koperindag Jembrana dan Polres Jembrana, Senin (23/10). Itu artinya, penjualan atau peredaran mikol tanpa izin makin banyak ditemukan di Jembrana.

Petugas tim gabungan menemukan di salah satu warung di Kecamatan Jembrana. Di warung tersebut ditemukan lebih dari 250 botol mikol golongan A yang dijual tanpa izin. Pemilik warung, Gede S kemarin mengaku dalam menjual mikol ini, sudah dilakukan pengurussan izin SIUP MB, tetapi masih dalam proses. “Izinnya sampai izin usaha saja, namun untuk SIUP MB masih dalam proses,” ujarnya. Penjualan mikol itu, biasanya ramai dibeli saat ada upacara, tapi kalau pribadi jarang ada yang beli.

Warung-warung yang disasar oleh petugas tim gabungan tersebut, terutama di Kecamatan Jembrana dan Kecamatan Negara, memang sebelumnya diinfokan diduga menjual mikol tanpa izin.

Kadis Koperindag Jembrana, I Made Gede Budiartha mengatakan kegiatan sidak yang dijalankan oleh tim gabungan ini, sudah sesuai Permendag Nomor 6 Tahun 2015 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan peredaraan serta penjualan minumn beralkohol. Sesuai aturan yang diperbolehkan menjual mikol adalah pada kelas hotel, restoran, bar, supermarket, hypermarket dan daerah wisata. “Untuk penjualan mikol itu, yang diperbolehkan adalah hotel, restoran, supermarket dan hypermarket. Setelah kami melakukan sidak ternyata masih ada yang menjual mikol di warung-warung,” terangnya.

 Sidak yang dilakukan ini, akan rutin dilaksanakan guna mencegah penyalahgunaan mikol dan miras di masyarakat.

 Ditemukannya mikol tanpa izin di warung-warung, petugas dari tim gabungan memberikan surat teguran serta meminta pemilik warung mengurus perizinan. Apabila tetap membandel, maka akan dilakukan tindakan tegas, bisa berupa penyitaan miras dan mikol. Bahkan bisa juga mencabut izin usahanya. (pram)